Senin, 12 Desember 2016

Resep Kue Bolu Keju Poppy Seed Hongkong

Bolu  Keju Poppy Seed Hongkong 

Malam Bun , Hari ini saya akan share Kue Khas negara Hongkong. Langsung aja bun ke TKP :)



Foto & resep by. Mery Chandra *akrme

Bahan A :
6 kutel
30gr gulpas halus

Bahan B :
3 putel
1/4 sdt garam
1/2sdt cream of tar2
50gr gulpas halus

Bahan C :
60gr tepung terigu protein rendah
15gr maizena
1sdt poppy seed
1/2sdt pasta vanila
30gr keju cheddar parut

Bahan D :
50gr unsalted butter,lelehkan

Bahan E :
Keju cheddar parut u/ taburan
1. Kocok bahan A sisihkan
2. Kocok bahan B sampai kaku dan mengembang
3. Masukan bhan A ke B sambil trus dkocok,matikan mixer tambahkan bahan C aduk rata mnggunakan whisk
4. Tambahkan bahan D aduk rata
5. Tuang ke dalam cup dan tabur dgn bahan E
6. Panggang

Selamat mencoba :)

Baca juga artikel ini bun

http://anekaresepkuedanmasakanenak.blogspot.com/2016/12/resep-kue-nangka-empuk-dan-praktis.html

Resep Kue Bolu Coklat Dengan Taburan Keju

Kue Bolu Coklat

Sore bunda , saya akan share cara membuat kue bolu coklat dengan toping keju pokoknya beda dari yang lain. Langsung aja. cara membuatnya ada dibawah :




Bahan cake :
200gr tepung terigu
2sdm margarin (dicairkan trlebih dahulu)
200 gr Gula
1sdm SP
2 sdm Coklat bubuk (dicampur dg air hangat)
2 sdm Susu bubuk
6 butir Telur

Cream :
Mentega putih 1/4kg
SKM 1scht
Gula halus 200gr
(dikocok jd satu hingga lembut)

Cara membuatnya:
Mixer gula, SP, telur sampai mengembang, masukkan terigu & susu sedikit demi sedikit dimixer dengan kecepatan rendah,matikan mixer, klo'sdh masukkan mentega aduk rata, bagi adonan mnjadi 2 bagian, yg satu diberi coklat bubuk..
Panggang adonan bergantian satu demi satu selama 15menit ato cukup matang, olesi cream ato topping lain sesuai selera..

selamat mencoba :)

Baca juga artikel dibawah bun :) http://anekaresepkuedanmasakanenak.blogspot.com/2016/12/resep-sponge-cake-kopi.html

Resep Kue Bolu Karamel /Bolu sarang semut

Kue Bolu Karamel /Bolu sarang semut 

Hay bunda, hari ini saya akan share Resep bolu karamel atau yang biasanya kita sebut Bolu sarang semut. cekidot bun ke TKP :)




Bahan :
- 300 gram tepung terigu,
- 2 sdm tepung sagu tani
- 5 butir telur putih dan kuningnya
- 250ml / segelas belimbing penuh susu kental manis (skm)putih, saya pakai skm Bendera
- 2 sdt bicarbonat
- 1 sdt soda kue
- 1 sdt vanili bubuk
- 400 gram gula pasir
- 2 gelas / 500 cc air panas
- 2 sdm blue band dicairkan

Cara membuat :
Panaskan wajan dg api sedang , masukan gula pasir hingga mencair menjadi karamel aduk perlahan sampai semua gula mencair , hati2 gosong. tambahkan 2 gelas / 500 cc air panas, aduk sampai tdk ada lg karamel yg menggumpal lalu matikan kompor. Sisihkan.

Selanjutnya membuat adonan kue tidak menggunakan mixer . Ngaduknya boleh pakai pakai garpu.campur tepung terigu, tepung sagu tani, bicarbonat, soda kue. Ayak supaya tercampur rata dan tidak menggumpal. Kocok telur ,skm, tepung terigu, tepung sagu, bicarbonat dan soda kue. aduk rata.

Adonan Jangan dulu dimasukan loyang. diamkan selama 1 jam ( penting ikuti tips ini supaya adonan nantinya mengembang , membentuk gelembung2 halus . Hingga saat dioven , banyak keluar lubang semutnya ) sambil menunggu adonan mengembang

Panaskan Oven , siapkan loyang lubang tengah ukuran besar ( loyang yg saya pakai ini kurang besar, adonannya banyak yg tumpah didalam oven saat kue ini mengembang naik ), olesi loyang dg mentega tipis2 , taburi tepung terigu. Setelah 1 jam aduk perlahan2 searah putaran jarum jam,

Terakhir masukan karamel dan blue band cair. Aduk rata.
Tuang adonan ke dalam loyang,
Panggang dalam oven yg sdh dipanaskan ( api nya sedang saja jangan terlalu besar , supaya bolu nya banyak membentuk rongga / "lubang semut " . Oven hingga matang ( saya tidak pakai ukuran waktu harus berapa lama, saat proses pemanggangan saya tunggu saja , sambil sering di intip kue nya.

Kira2 permukaan sdh matang. Tusuk kue pakai tusuk gigi. Sampai tidak ada lg adonan yg menempel ) Setelah matang segera keluarkan dari oven. Tunggu setelah tidak panas lg, keluarkan bolu dari loyang. Selesai deh.

Baca Juga Bun artikel ini :) http://anekaresepkuedanmasakanenak.blogspot.com/2016/12/resep-kue-nangka-empuk-dan-praktis.html
( By : Tuti Yuniati Adiwirya )
https://www.facebook.com/
tuti.y.adiwirya

Resep Kue Nangka Empuk Dan Praktis

Kue Nangka Empuk Dan Praktis

Pagi bun .....
Kali ini saya akan share Resep Kue dengan  bahan dasar nangka . Cocok untuk jualan atau dicoba dirumah bun. Langsung aja ke TKP yukkk :)



Foto & resep by. Suciati *arkme

Panaskan oven terlebih dahulu
Siapkan loyang tulban olesi margarin dan taburi terigu
*200gr margarin(sy pk blueband cake n cocies)
*200gr gulahalus
*180gr terigu ?
*20gr maizena
*1/4sdt baking powder
*6 kuning telur *1btr telur utuh
*6 putih telur (dikocok hingga kaku)
*1sdt ovalet
*1/2sdt vanili
* 2sdm susu bubuk dancow putih
*sedikit garam..

Cara buat ;
Mixer kecepatn tinggi blueband dan gula halus hingga lembut dan putih,masukan kuning telur satu per satu ya bun...kocok tunggu tercampur rata baru masukan lagi kuning

telur yg lain..terakhir yg 1btr utuh..setelah tercampur rata masukan ovalet,susu bubuk,garam,dn vanili ..mixer hingga rata,turunkan kecepatan mixer masukan

terigu,maizena,dn baking powder yg sdh diayak..sisih kan..

*200gr buah nangka tanpa biji diiris2 beri tpung terigu sdkit aduk aduk hingga terbalur tepung.
Putih telur 6 tadi dikocok hingga kaku..campurkan ke adonan yg kuning telur sedikit demi sdikt hingga rata..lalu tuang keloyang setengah taburi nangka separuh sj tuang

sisa adonan..oven 15menit lalu taburi sisa nangka yg tadi oven lagi selama 30menit dengan api sedang...angkat

Baca Juga bun artikel ini Bun :) http://anekaresepkuedanmasakanenak.blogspot.com/2016/12/resep-cake-potong-pandan-keju.html

Resep Kue Zebra Nyam-nyam

Kue Zebra Nyam-nyam



Bahan A
130 grm gula pasir
5 btr telur (aku pakai 6 telur kecil)
1sdt sp

Bahan B
180 tpg terigu
2 sdm tpg maizena
2 sdm susu bubuk
Semua bahan dicampur dan diayak)

Bahan C
150 grm margarine
50 ml minyak goreng
Lelehkan margarin campur dgn minyak goreng.

Bahan D
3 sdm coklat bubuk
1sdt pasta coklat(bisa di skip)
2 sdm air
Semua dicampur aduk rata.

Carbut
Mixer bahan A sampai putih kental dan berjejak..
Masukkan bahan B aduk sampai tercampur rata..
Masukkan margarin leleh yg sdh bercampur minyak goreng aduk balik sampai tercampur rata(jgn sampai ada margarin yg mengendap didasar wadah)

Bagi 2 adonan
Satu adonan dicampur dgn bahanD..aduk rata.
*loyang bulat diameter 18 cm yg sdh dialas kertas roti diolesi semua sisi dan dasar loyang dgn mentega dan ditaburi tpg terigu*
Masukan 1sdk sayur adonan putih ditengah loyang..lalu taruh diatasnya dgn 1sdk sayur adonan coklat..terus selang seling sampai adonan habis..
Atasnya bisa dilukis dgn lidi.
*Oven sdh dipanaskan terlebih dahulu*
Oven 180'c -+50 mnt sampai matang
Test tusuk.

By : bunda Monalisa Bayhakie Idris ( RD )

Baca juga bun artikel ini : http://anekaresepkuedanmasakanenak.blogspot.com/2016/12/resep-japanese-strawberry-shortcake.html
Minggu, 04 Desember 2016

Resep Lapis Surabaya

Lapis Surabaya

Lapsur adalah singkatan dari kue khas surabaya, yaitu lapis surabaya, sebutan itu sudah sangat melekat dengan kue yang sangat lezat ini. Memang kota surabaya sangat banyak sekali menyimpan atau menghasilkan makanan-makanan yang sangat lezat dan enak-enak, jadi tidak heran kalau sekarang surabaya menjadi tujuan wisatawan yang sangat ramai sekali dikunjungi. Nah apabila anda sedang berkunjung ke surabaya cobalah icip makanan yang satu ini, kue lapis surabaya, yang memang sudah sangat terkenal sekali akan kenikmatannya keseluruh daerah indonesia. Biasanya kue lapis yang sangat ramai dikunjungi atau yang sangat terkenal adalah kuehnya ny.liem atau kalau tidak family nugraha (keluarga nugraha). Jadi sangat disayangkan bila anda sedang berkunjung kesurabaya tidak mencoba makanan yang enak ini, dijamin anda pasti ketagihan dengan kelembutan dan keenakannya.

Lapis surabaya ini biasanya memiliki tekstur yang lembut dan dua warna yang berbeda, ada warna kuning dan coklat, kebanyakan kue lapis surabaya dibuat dengan lapisan warna kuning, kemudian coklat, lalu ditumpuk lagi dengan yang kuning, jadi terlihat sangat cantik dan menarik. Untuk bagian pelapis antara satu warna dengan warna lain biasanya menggunakan selai atau bahan perapat rasa strawberry. Bila anda ingin mencicipi makanan enak ini tapi sedang jauh dari kota asalnya, anda bisa membuatnya juga dirumah, yang tentunya dengan bantuan resep yang kami berikan, jadi anda sekarang bisa mencobanya bagaimana kelezatan kue lapis surabaya yang sangat menggugah citarasa orang yang mencobanya. Untuk panduan resepnya seperti biasa saja kami sediakan dibawah tulisan ini, jadi selamat mencoba membuatnya.



Bahan Tiap Lapis Kuning :
10 butir kuning telur
100 gr gula pasir
100 gr butter
25 gr margarin
50 gr tepung terigu protein rendah atau bisa pakai protein sedang
1/2 sdt vanilla bubuk

Bahan Lapisan Coklat :
10 butir kuning telur
100 gr gula pasir
100 gr butter 25 gr margarin
50 gr tepung terigu protein rendah / sedang
10 gr coklat bubuk Filling : Selai nanas atau bisa juga pakai buttercream

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 180'C. Siapkan 3 loyang 20x20x4 cm atau 22x22x4 cm. Olesi dengan margarin, alas kertas roti dan alasi kembali dengan margarin. Sisihkan.
2. Kocok butter dan margarin hingga lembut. Sisihkan.
3. Kocok kuning telur dan gula pasir hingga mengembang dan kental, masukkan vanilla. Kocok hingga rata.
4. Masukkan butter dan margarin kocok, aduk rata menggunakan spatula.
5. Masukkan tepung terigu dengan cara diayak, aduk rata menggunakan spatula. Lakukan cara yang sama untuk membuat lapisan coklat.
6. Tuang ke dalam loyang dan oven selama kurang lebih 20-30 menit (tergantung masing-masing oven ya).
7. Setelah matang, keluarkan dari oven dan balikkan.

Penyelesaian :
1. Letakkan lapisan kuning, oles dengan selai atau buttercream, tumpuk dengan lapisan coklat. Oles kembali dengan selai atau buttercream dan terakhir tumpuk kembali dengan lapisan kuning.
2. Masukkan ke dalam kulkas selama kurang lebih 30 menit agar set baru kemudian ditrim (dirapikan) pinggir-pinggirnya.

Sumber : NCC

Selamat mencoba :)

Baca juga artikel ini : http://anekaresepkuedanmasakanenak.blogspot.com/2016/11/resep-nasi-keju-panggang-saus-bechamel.html

Resep Sponge Cake Kopi

Sponge Cake Kopi

Mungkin Anda tak percaya bahwa untuk membuat sponge cake, kita hanya membutuhkan 5 macam bahan utama. Sungguh tak repot bukan, hanya menyiapkan 5 bahan saja. Selamat mencoba.



Bahan:
8 kuning telur
3 putih telur
100 gram gula pasir
85 gram tepung terigu protein sedang
1/4 sendok teh baking powder
60 gram margarin, dilelehkan
2 sendok teh kopi instan, dan 1 sendok makan air panas, larutkan
1/4 sendok teh esens kopi

Cara membuat:
Kocok telur dan gula pasir sampai mengembang. Tambahkan tepung terigu sambil diayak dan diaduk rata.
Maukkan margarin leleh, air kopi, dan esens kopi sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan.
Tuang di loyang 22x22x4 cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti.
Oven 25 menit dengan suhu 190 derajat Celcius sampai matang.

By. Sajian sedap
Recook & foto by: fadilla dames

Baca juga artikel ini bun : http://anekaresepkuedanmasakanenak.blogspot.com/2016/11/resep-banana-cheese-cake.html

Resep Japanese Strawberry Shortcake

Japanese Strawberry Shortcake 

Bagi bunda yang  pengen membahagiakan suami atau anak kesayanagan dengan  membuat kue-kue luar negri. Tapi tidak tau caranya. cekidot bun ini ada resep kue dari negri matahari terbit (Jepang).



Bahan-bahan :

250 gr tepung terigu
1 1/2 sdt baking powder
1 butir telur
200 ml susu cair
2 sdt sp / ovalet / tbm
2 sth vanili eccence
200 gr gula
1/2 sdt garam

Bahan filling :
1 kotak strawberry fresh (optional: kiwi, mandarin orange, peach kaleng )
200 gr bubuk Wippcream instant
50 gr susu bubuk
450 ml air es
simple syrup
100 ml air
3 sdm gula
2 sdm madu

+
Langkah
Masukan telur , vanili, sp/ovalet/tbm, gula, susu cair kocok dengan mixer sampai mengembang. Matikan mixer. Masukan garam aduk dengam spatula
+
Masukan baking powder ke tepung terigu. Ayak . Masukan ke adonan secara bertahap aduk dengan spatula.
+
Tuang adonam ke happy call ratakan. Pastikan happy call sudah diolesin dengan minyak/butter/margarin.
Masak di atas api sedang selama 5 menit. Kemudian kecilkan api. Sering lah di lihat agar tidak gosong. Setelah matang. Angkat .
+
Wippcream: bubuk Wippcream , susu bubuk, air kocok dgn
mixer sampai kaku.
Simple syrup : air, gula, madu sampai tercampur.
Potong strawberry sesuai selera
+
Setelah cake dingin potong menjadi 2 bagian.

Sumber : Cookpad

Selamat mencoba bun :)

Baca juga Resep ini : http://anekaresepkuedanmasakanenak.blogspot.com/2016/11/kue-sus-anti-kempes-maknyuss.html

Resep Cake Potong Pandan Keju

Cake Potong Pandan Keju 

Biasanya klo aku membuat cake potong selalu pakai resep dasarnya bolu hongkong yang teksturnya lembut, empuk, dan kepes-kepes, pokonya hampir mirip dengan chiffon cake.
Pada kesempatan Kali ini aku mau bikin kue potong pandan yang di kasi taburan keju, karena keju kesukaan suamiku dan tau ga bund? sebelum suami berangkat kerja, kebetulan cake sudah matang eh main nyrobot saja dari belakang, langsung makan beberapa potong hehehe, kata suamiku habis wanginya menggoda dan rasanya juga Enak banget .


Memang bener juaga sih, setelah aku coba cake nya sangat lembut dan empuk, di tambah pakai olesan buttercream special yang masih ada stock di lemari es trus di kasih taburan keju parut yang lumayan banyak.
Daripada bunda di rumah ngiler lihat foto dan dengar cerita dariku mending segera bunda coba bikin di rumah dengan resep di bawah ini :



Bahan :
4 butir telur
120 gram gula pasir
130 gram terigu protein sedang
1/2 sendok teh baking powder
130 cc santal kental
1/2 sendok teh pasta pandan

Cara membuat :
Kocok telur dan gula pasir hingga mengembang dan kental, matikan mixer.

Masukkan terigu yang sudah dicampur dengan baking powder secara bertahap, aduk balik dari bawah ke arah ke atas secara perlahan hingga rata dengan menggunakan spatula.

Tambahkan santan , aduk balik kembali perlahan hingga rata. Terakhir tambahkan pasta pandan, aduk lagi hingga pasta tercampur rata dengan adonan.

Tuang di loyang kotak ukuran 22 x 22 cm yang sudah dialas kertas roti. Panggang di oven suhu 180 derajat celcius hingga matang. Tes tusuk pada bagian tengah cake dengan menggunakan tusuk gigi, apabila sudah tidak ada adonan yang menempel, berarti cake sudah matang.

Hias bagian atas cake dengan butter cream atau whipp cream kocok, tabur keju parut. Potong potong dan cake siap disajikan.

Butter cream :
250 gram shortening (mentega putih)
125 gram gula bubuk
40 ml susu kental manis
Mixer semua bahan ini selama 15 menit sampai lembut, siap digunakan untuk menghias cake.

Untuk 16 potong.

Foto & resep by. Elsa Elwin

Selamat mencoba :)

Baca juga Resep ini bun :  http://anekaresepkuedanmasakanenak.blogspot.com/2016/11/resep-kue-bolu-tape-panggang-super.html