Manisan Wagashi Kuliner Tradisional Jepang

shares

Resep Manisan - Manisan Wagashi adalah salah satu manisan tradisioal khas Jepang yang berbahan dasar dari tepung beras, gula dan kacang merah. #Manisan Wagashi memiliki banyak varian rasa, akan tetapi dari kesekian banyak jenis manisan ini mempunyai rasa paten yakni rasa kacang merah atau rasa azuki.

Manisan Wagashi dikelompokkan ke dalam dua jenis yakni Wagashi formal dan Wagashi sehari-hari, untuk jenis Wagashi formal disajikan jika ada acara-acara khusus seperti pada acara minum teh, Manisan Wagashi ini tergolong mewah karena corak mengikuti keadaan musim yang di Jepang.

Manisan Wagashi

Manisan Khas Jepang

Misal pada saat musim semi tiba, Wagashi jenis ini akan bercorak dengan warna cerah atau bercorak bunga sakura pada saat musim semi. Sedangkan apabila musim panas manisan Wagashi ini akan bercorak air mengalir dengan kesan sejuk. Pada musim dingin Wagashi akan bercorak salju, dan pada musim gugur Wagashi akan bercorak warna daun yang berguguran.

Untuk Wagashi jenis formal memiliki 5 jenis sensasi rasa dengan rasa asin, asam, asin, manis, pahit serta rasa berempah. Ke 5 rasa ini dipadukan agar para penikmat dapat merasakan sensasi perubahan musim. dengan berprinsip sensasi lima rasa pada lima Panca indra, seperti sensasi penglihatan, pengecapan dengan menikmati rasanya, indra pencium dengan aromanya yang khas. Indra perasa dengan merasakan tekstur, serta indra pendengaran dengan cara mengimajinasikan suara yang didengar kala menikmati Wagashi.

Manisan Wagashi dan manisan Wagashi sehari-hari jenis manisan ini berbahan dasar dari tepung beras yang dipadukan dengan topping, seperti senbei dan daifuku, pasta kacang merah dan pasta kacang azuki warna putih yang dicampur dengan gula sehingga memperoleh rasa manis serta bahan-bahan pelengkap lainya. Nah sahabat pembaca Blog resep manisan sebenarnya masih banyak jenis Manisan Wagashi ini seperti jenis oshiruko, monaka, ango, yokan dan lain sebagainya.

Related Posts