Cara Membuat Manisan Mangga Mengkal dan Mangga Muda

shares

Resep Manisan - Buah mangga yang masih muda kerap terlalu asam kala dimakan secara langsung. Karenanya olahan manisan yang segar dan kenyal kerap dijajakan waktu musim mangga tiba. Ada yang kering menyerupai permen atau manisan yang di rendam pada larutan air gula. Kedua jenis manisan ini pasti lezat!

Manisan mangga di kenal sebagai salah satu produksi andalan penduduk Cianjur serta banyak di jual di toko penjual makanan ringan sampai restoran. Secara umum manisan mangga dikelompokan menjadi 2 yakni manisan mangga kering serta manisan mangga basah, keduanya dibuat dari mangga muda atau mangga mengkal.

Kata manisan dalam makanan ringan ini mengacu kepada peresapan larutan gula dalam mangga secara perlahan-lahan. Melalui sistem tersebut manisan mangga baik yang kering ataupun basah dapat disimpan lebih lama serta memiliki sentuhan rasa manis di dalamnya.

Manisan Mangga Mengkal dan Mangga Muda

Manisan Mangga Mengkal dan Mangga Muda


Manisan mangga basah terbuat dari buah mangga segar yg tidak melalui proses pemasakan. Manisan mangga basah dapat memakai mangga jenis mangga, Golek, mangga harum manis dan mangga Indramayu, untuk membuatnya diperlukan 2 racikan sirup gula pertama untuk dua tahap perendaman.

Alat dan Bahan :
  • Mangga muda/mengkal sebanyak 1 kilogram dipotong kecil
  • Kapur sirih secukupnya
  • Air sebanyak 150 mililiter
  • Gula pasir sebanyak 350 gram
  • Garam sebanyak satu sendok makan
  • Cabai Rawit
  • Stopless

Cara Membuat Manisan Mangga
Masukkan potongan mangga dalam stoples selanjutnya rendam dengan air dingin plus air kapur sirih, diamkan semalam lalu buang airnya. Esok harinya buat racikan sirup pertama yang terbuat dari air, gula pasir, dan garam yang sudah di rebus terlebih dulu. dinginkan selanjutnya ke dalam stoples berisi mangga.

Racikan sirup ini kembali dibuang esok harinya. Paling akhir, rebus air dan gula pasir sampai mendidih, dinginkan selanjutnya tuang kedalam stoples berisi mangga serta dinginkan di lemari es supaya masa simpannya lebih lama. Bila senang dengan sentuhan rasa pedas dapat juga ditambah potongan cabai rawit.

Sementara itu, manisan mangga kering untuk membuatnya jauh lebih rumit pembuatannya lantaran mangga dimasak sampai kering serta bentuknya menyerupai permen. Potongan mangga muda yang diiris kecil terlebih dulu di rendam dengan air kapur. Setelah 20 menit, air dibuang serta mangga dibersihkan.

Selanjutnya, mangga biasanya di rendam dengan paduan asam sitram serta sodium benzoat supaya lebih awet, selama 12 jam. Setelah di tiriskan, masukkan mangga dalam oven dengan suhu 50 sampai 60 derajat celcius selama 12 jam. Mangga yang sudah kering, ditambahkan dengan taburan gula.

Porsi manisan mangga muda di atas cocok di nikmati untuk 10 orang dan paling nikmat di sajikan sebagai hidangan pembuka maupun hidangan penutup. Sebagai cemilan di sore hari waktu berkumpul bersama keluarga tentunya menyenangkan. Selamat menikmati!!

Related Posts